Tuesday 28 April 2015

Kenapa Ban Warnanya Hitam

Kita semua udah tahu sejak sekolah dasar (SD) kalo ban buat kendaraan itu warnanya hitam. Tapi tahukah kenapa ban itu warnanya hitam? Penyebabnya karena bahan utama dari ban itu, yaitu karet yang diberi karbon hitam. Tujuannya untuk memperkuat karet itu sendiri.

Kadang-kadang ban itu nggak selalu berwarna hitam. Ada juga ban yang diberi warna-warni. Tujuannya cuma buat estetika aja. Terutama kalo diajak burn out (berputar di tempat sampai bannya berasap). Asapnya itu jadi ikut berwarna-warni.

Menurut Sales Training Manager, PT Goodyear Indonesia, Tbk, Andry Adam ada beberapa fungsi dari ban :

1. Menopang beban kendaraan

Bobot kendaraan itu bermacam-macam tergantung jenisnya. Untuk motor, bobotnya cuma di bilangan kuintal aja. Tapi kalo truk besar yang muatannya penuh, bobotnya bisa sampai puluhan ton. Tekanan angin yang tepat pada ban, bisa membantu ban berfungsi maksimal menopang beban total kendaraan.

 2. Menyerap benturan dari jalan

Ban juga buat menyerap benturan.Terutama kalo jalannya nggak rata atau bahkan berlubang. Tekanan angin di dalamnya harus mencukupi karena angin di dalam ban berfungsi sebagai pegasnya.

3. Meneruskan Traksi dan gaya pengereman

Ban berjalan dengan memanfaatkan gaya gesek dan momentum antara permukaan jalan dan telapak ban.

4. Mengarahkan laju kendaraan

Ban yang baik mengikuti perubahan yang terjadi pada batang kemudi, sesuai dengan arah yang dikehendaki oleh pengemudi.

"Banyak pengendara yang meremehkan ban, padahal ban itu faktor pertama yang berfungsi sebagai penyelamat saat berkendara," ujarnya.

Sumber : detikoto

No comments:

Post a Comment