Sunday 26 April 2015

Honda HR-V 2015, SUV terlaris dari Honda

Hond HR-V
Honda HR-V
Honda HR-V adalah produk terbaru dari PT Honda Prospect Motor (HPM) di tahun 2015. Honda HR-V diperkenalkan pertama kali sebagai mobil konsep di Indonesia International Motor Show 2014. Pada awal 2015, Indonesia menjadi tempat peluncuran pertama Honda HR-V di luar Jepang. Sejak peluncurannya, Honda HR-V langsung menjadi backbone penjualan Honda, menyalip Honda Mobilio yang sebelumnya menjadi mobil Honda terlaris.

Honda HR-V sebetulnya udah masuk ke Indonesia pada tahun 2000 melalui importir umum (IU). Diimpor langsung dari Jepang. Bentuknya mengotak. Kehadirannya pun kurang direspons pasar. Sehingga
populasinya juga nggak begitu banyak di jalan.
Hond HR-V
Honda HR-V versi IU
Honda HR-V versi IU ini merupakan HR-V generasi pertama. Sedangkan Honda HR-V yang diedarkan HPM merupakan generasi kedua. HR-V generasi kedua ini punya bentuk yang membulat. Sehingga terlihat lebih dinamis. Nggak kaku kayak generasi pertama.

Honda HR-V adalah mobil model pertama Honda yang berada pada segmentasi kelas Crossover Utility Vehicle (CUV). Mobil tipe crossover ini pertamakali diluncurkan di pasar global pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) yang dilangsungkan pada Bulan November 2013 lalu dan mulai dijual secara resmi di Negara Jepang satu bulan berikutnya dengan nama Honda Vezel. Untuk pasar global, memakai nama Honda HR-V.

Honda HR-V punya 2 macam mesin. Yaitu mesin 1,5 liter berbasis Honda Jazz dan mesin 1,8 liter yang tipenya sama dengan mesin Honda Civic. Mesin HR-V 1,5 liter ada pada tipe A, S dan E. Sedangkan mesin 1,8 liter cuma ada di tipe Prestige.

Interiornya dilengkapi fitur Ultra Seat. Sehingga kita bebas mengatur posisi jok untuk berbagai macam fungsionalitas. Fitur hiburannya juga dilengkapi dengan 2 DIN Audio yang memberikan sensasi suara yang luar biasa. Fitur kapabilitas berupa Tilt & Telescopic Steering Wheel juga tidak lupa disematkan pada spesifikasi Honda HR-V ini untuk semakin membuat fungsionalitas dan kenyamanan semakin terasa.

Untuk keselamatannya, Honda HR-V dilengkapi berbagai macam fitur.  Pengereman Anti Lock Breaking System (ABS) dan Elektronic Brake Force Distribution (EBD) tidak lupa disematkan dalam mobil ini untuk membuat sistem pengereman menjadi lebih stabil.  Selain itu juga terdapat fitur Vehicle Stability Assist (VSA) agar mobil nggak gampang mengalami selip dan Hill Start Assist (HSA) untuk membuat Honda HR-V nggak mudah menggelondor turun ketika harus berhenti di tanjakan. Jadi nggak perlu menarik rem parkir. Fitur yang tidak kalah penting Dual SRS Airbags juga disediakan oleh Honda terhadap mobil crossover ini untuk membuat keamanan pengendara semakin terjamin. Khusus untuk tipe 1,8 Prestige, airbag-nya ada 6 yang mencapai kaca samping mobil. Selain itu fitur keamanan dari spesifikasi Honda HR-V yang cukup lengkap juga masih ditambahkan dengan fitur aplikasi Electric Parking Brake dan Auto Break Hold yang berfungsi sebagai rem parkir elektris untuk mengaktifkan dan melepas rem parkir melalui sebuah tombol. Karena fitur keselamatannya yang lengkap, HR-V meraih 5 bintang tes tabrak dari Japan NCAP.

Berikut adalah tipe Honda HR-V di Indonesia :
  • Tipe 1,5 A manual
  • Tipe 1,5 S manual
  • Tipe 1,5 S CVT
  • Tipe 1,5 E CVT
  • Tipe 1,8 Prestige CVT
Honda HR-V meraih penghargaan Car of The Year Otomotif Award 2015. HR-V meraih penghargaan itu karena berbagai fitur yang ada di dalamnya. Sampai tipe termurah pun juga punya fitur yang memadai. Walaupun nggak selengkap tipe di atasnya.

Honda HR-V selain menjadi mobil Honda terlaris, juga menjadi mobil terlaris di kelas SUV kecil yang dihuninya. Mengalahkan pesaingnya kayak Toyota Rush, Nissan Juke, dan Ford Ecosport.

No comments:

Post a Comment