Monday 4 May 2015

5 Cairan Yang Harus Diperhatikan Pemilik Mobil

Mobil itu harus selalu dirawat agar kinerjanya optimal. Salah satu cara untuk merawat mobil adalah dengan memperhatikan cairan mobil. Sedikitnya ada 5 cairan atau fluida yang ada di mobil.

Selalu tekun mengecek cairan mobil nggak cuma membuat mobil lebih awet dan enak dipakai. Tapi juga membuat biaya menjadi lebih murah. Tetapi untuk itu Anda harus mengetahui beberapa informasi dasar soal cairan-cairan ini agar Anda juga tak tergesa-gesa menggantinya. Berikut ini 5 cairan mobil yang harus diperhatikan :

1. Oli mesin

Cara paling gampang buat mengecek oli mesin adalah dengan membuka dipstik di ruang mesin. Bersihkan stick oli dengan kain sebelum memeriksa banyaknya oli. Jika ketinggian oli masih di posisi aman, tak perlu menggantinya segera. Periksa juga kondisi oli. Warna oli mesin harus kemerahan. Kalau warnanya hitam dan kotor, segera diganti. Cek kondisi dipstik paling lama sebulan sekali.

2. Oli transmisi

 

Cara mengeceknya sama dengan memeriksa oli mesin. Bedanya, Anda harus memeriksa oli transmisi saat mobil dalam kondisi menyala. Jumlah oli transmisi nggak boleh kurang dan harus berwarna merah atau kecoklatan. Selain itu nggak ada bau gosong. Kalau berwarna hitam dan kotor, segera diganti. Periksa oli transmisi sebulan sekali.

3. Air radiator

 

Buka tutup radiator dalam kondisi mesin dingin. Paling ideal adalah di pagi hari sebelum mobil dipakai beraktivitas. Jangan sekali-sekali membuka tutup radiator dalam kondisi panas. Akan berbahaya buat tubuh kita karena air radiator yang mendidih akan muncrat ke tubuh kita. Periksa kecukupan airnya dua kali setahun.

4. Minyak rem

 

Cara memeriksa minyak rem dengan membuka reservoir minyak rem dan periksa ketinggiannya pada penanda di dinding bagian luar reservoir. Warna minyak rem ideal adalah emas (golden). Jika warnanya sudah berubah cokelat, maka itu saatnya untuk mengganti dengan yang baru. Periksa minyak rem sekaligus oli mesinnya bersamaan.

5. Oli power steering

 

Periksa kecukupan oli power steering di tabungnya di ruang mesin. Kalau berkurang, bawa mobil ke bengkel buat diganti olinya. Periksa setidaknya sebulan sekali.  

No comments:

Post a Comment